Apa Itu Kesuksesan

Apa Itu Kesuksesan

Apa Itu Kesuksesan

Jika ada pertanyaan apa itu kesuksesan? Tentunya banyak yang berpendapat bahwa sukses itu mereka yang bergelimang harta (materi), tahta (jabatan/kedudukan), terkenal dan lain-lain. tentunya banyak yang mendefinisikan sukses tersebut berbeda-beda. Apakah kesuksesan itu diukur dengan banyaknya uang? Diukur dari rumahnya yang bagus? Diukur dari mobilnya yang banyak? Diukur dari istri yang cantik atau suami yang tampan? Diukur dari jabatan yang ia pegang? Diukur dari orang yang terkenal?

Bagaimana jika orang yang kaya tapi cara mendapatkanya tidak baik seperti korupsi, menipu, KKN sehingga ia tidak tenang dan tidak bebas melakukan apapun dan selalu dihantui oleh kesalahannya. Bagaimana jika mereka yang mempunyai mobil mewah dan rumah besar tapi rumah tangganya tidak harmonis dan hasil dari cara salah juga sehingga ia tidak merasa bahagia..

Bagaimana jika istri atau suami yang tampan tapi selalu saja sibuk dengan karir, suka marah atau suka selingkuh karena merasa diri lebih baik dari orang lain. Bagaimana jika jabatan yang ia dapatkan menyebabkan ia tidak bisa amanah dengan rakyat dan menyebabkan ia terjebak dalam lembah hitam korupsi. Bagaimana jika orang yang terkenal tidak bisa menjaga sikapnya untuk lebih hati-hati, ia hanya ingin hidup bersenang-senang dan bahkan menggunakan kelebihannya itu untuk berbuat maksiat.

Ketika nikahpun ada yang cerai karena merasa bahwa namanya sudah melambung dan merasa tidak ada kekurangan lagi sehingga merasa paling hebat dan berpikir bahwa bercerai tidak mempengaruhi harga dirinya sebagai orang yang sudah punya nama. Tentunya itu adalah sukses yang semu dan palsu, sukses yang tidak memberikan ketenangan kepada dirinya, dan hanya memberikan rasa kagum terhadap orang lain tidak lebih. Bahkan jika ia melakukan kesalahan rasa kagum itu akan hilang.

Artikel Terkait : Sukses dengan Proses

Tentunya banyak sekali definisi kesuksesan, ada yang berpendapat bahwa kesuksesan itu adalah orang yang mendapatkan tujuan hidupnya. Ada juga yang berpendapat bahwa kesuksesan adalah orang yang mendapatkan apa yang mesti ia dapatkan. Sukses adalah orang yang bebas melakukan apa saja yang ia bisa lakukan tanpa hambatan apapun. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia sukses adalah berhasil atau beruntung. Jadi orang yang sukses adalah orang yang berhasil mendapatkan sesuatau atau orang yang mendapatkan keberuntungan. Dibawah ini ada beberapa definisi yang perlu kita cermati :

 

Pada dasarnya sukses menurut KBBI adalah berhasil atau beruntung, sedangkan kesuksesan ialah keberhasilan atau keberuntungan seseorang dalam suatu hal.

 

“Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”

– Brian Tracy, Million Dollar Habits

Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang Anda senangi/kagumi dan hormati.”

 

“Success is the progressive realization of a worthy ideal.”

– Earl Nightingale, The Strangest Secret

Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai/layak.

 

“first of all, success is knowing our purpose in life”.

Dr. John C. Maxwell.

Mengetahui tujuan (purpose) dalam hidup

 

Success is a term denoting the achievement of aims or attainment of goals, or levels of social status, and is often used specifically to mean financial profitability. People who achieve their goals are frequently termed “successes”.

Sukses adalah istilah yang menunjukkan pencapaian tujuan atau pencapaian tujuan, atau tingkat status sosial, dan sering digunakan khusus yang berarti keuntungan keuangan. Orang-orang yang mencapai tujuan mereka sering disebut “keberhasilan”.

 

Menurut Zig Ziglar pengertian sukses adalah “mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.”

 

Sedangkan menurut Sir Richard Branson dalam tulisannya di tahun 2016 kesuksesan adalah suatu Kebahagiaan, ia mengemukakan dalam tulisannnya tersebut bahwa “Terlalu banyak orang mengukur kesuksesan dari berapa banyak penghasilan mereka atau siapa yang menjadi teman mereka. Menurut saya, kesuksesan sejati harus diukur dari seberapa bahagia hidupmu,”.

 

Menurut Warren Buffett dalam biografinya, ia berkata, “Pada dasarnya, ketika sudah berusia setua saya, Anda akan mengukur kesuksesan dari berapa banyak orang yang Anda inginkan untuk mencintai Anda, yang benar-benar mencintai Anda.”

 

Seperti yang kami kutip dari Widhiaanugrah.com kesuksesan adalah pencapaiaan suatu target yang berkelanjuatan sehingga kita bisa lebih baik dari hari-hari sebelumnya, entah itu dalam hal keuangan, pengetahuan, pendidikan, kesehatan, etika, moral, kehidupan sosial, entah dalam bidang lainnya.

 

Arti sukses menurut D. Paul Reilly dalam bukunya Succes is simple (1977) mendefinisikan sukses sebagai pencapaian yang berangsur-angsur meningkat terhadap suatu tujuan atau cita-cita yang berharga. Sedangkan menurut Lila Swell dalam bukunya Succes, ia mengemukakan pendapatnya bahwa sukses adalah suatu peristiwa atau pengalaman yang Anda mengingatnya sebagai pemuasan diri.

 

Sedangkan arti sukses Ahmad Zainal Fanani dalam bukunya Change Now! adalah sebagai berikut. Sukses itu adalah prestasi yang sangat tinggi, bergerak maju secara terus menerus menuju tujuan dan berakhir saat seseorang merasa puas dan bahagia.

Jika kita uraikan kesuksesan menurut Zainal Fanani dalam bukunya tersebut adalah mencapai prestasi yang sangat tinggi dengan semua perjuangan dan usaha yang dilakukan dan pantang menyerah dalam mencapainya dengan bergerak maju secara terus menueus dan konsisten sampai kita mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan.

 

Dari definisi diatas banyak yang menerangkan bahwa sukses adalah menggapai tujuan yang telah kita cita-citakan. Sedangkan menurut penulis sukses adalah mendapatkan apa yang diinginkan  tanpa merugikan orang lain, bisa melakukan apa saja tanpa ada kekhawatiran dengan akibat apa yang telah dilakukannya dan bebas melakukan apa saja tanpa mengganggu kebebasan orang lain serta mencapai tujuan apa yang telah ia cita-citakan (tujuannya), dan mendapatkan ketenangan atas semua yang telah dilakukannya. Tidak hanya Anda berhasil dalam hal kekayaan materi saja, tetapi juga menikmati kebahagiaan jiwa, ketenangan batin, kesehatan raga, dan kepuasan hidup karena hidup ini bermakna.

Jadi jika mendapatkan keinginan (harta, tahta dan jabatan) tapi merugikan orang lain, melakukan apa saja sesuai kehendak (bersenang-senang dengan apa yang telah dimiliki dengan cara happy, jalan-jalan dan lain-lain) tapi masih menyebabkan kegelisahan (akibat melakukan kesalahan) dan bebas melakukan apa saja tapi mengganggu kebebasan orang lain (melanggar aturan yang telah ditentukan)  maka itu akan menyebabkan ketidak tenangan, sedangkan ketenangan adalah salah satu komponen dari kesuksesan itu. Sukses tanpa ketenangan maka akan menghasilkan kesenangan yang hampa dan semu.

Artikel Terkait : Bangkit Dari Kegagalan

Kesuksesan adalah harapan banyak orang, setiap manusia tentunya mendambakan kesuksesan. Untuk mendapatkan kesuksesan tentunya memerlukan apa yang namanya tujuan ataupun impian untuk menjadi sukses sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan adanya impian atau tujuan hidup maka akan melahirkan apa itu target-target yang akan dicapai.

Mungkin ada orang yang berpendapat bahwa dalam menggapai kesuksesan itu tidak perlu target, yang terpenting kita lakukan saja (action) kebaikan-kebaikan tersebut, maka seseorang  akan mencapai kesuksesan itu. Ada kalanya benar tapi tidak salah jika mempunyai tujuan dan impian agar giat dan bersemangat dalam menggapai target-target yang telah dirancang.

Jika tidak mempunyai tujuan hidup, anda akan hidup pasif  yaitu menerima apa saja yang telah ada dalam kehidupan ini, hidup tanpa tantangan dan hidup membosankan serta tidak menggairahkan hanya itu-itu saja yang dilakukan. Dengan hidup seperti itu, ia akan hidup berjalan ditempat dan menghabiskan waktunya tanpa adanya prestasi ataupun hadiah istimewa dari jerih payahnya menggapai kesuksesan. Ia hanya bisa menjadi pendengar dan penonton yang tidak bisa berbuat banyak.

Oleh karena itu harus mempunyai target ataupun misi untuk menjadi orang yang sukses. Untuk mencapai kesuksesan tentunya memerlukan proses dan dalam proses tersebut ada tangga-tangga yang harus dilalui, diantaranya adalah kesuksesan-kesuksesan kecil, sedang dan juga kegagalan yang harus dihadapi. Untuk mendapatkan kesuksesan-kesuksesan kecil dan sedang kita memerlukan senjata yang ampuh, apa itu senjata yang ampuh? Yaitu kebiasaan-kebiasaan yang baik perlu dilakukan mulai dari sekarang.

Semakin tinggi derajat/kesuksesan seseorang semakin banyak cobaannya, semakin tinggi suatu pohon (kelapa) maka semakin kencang angin bertiup. Tapi jika sampai pada puncaknya seseorang akan mendapatkan buahnya, jadi janganlah hanya melihat tiupan angin yang kencangnya saja karena jika hanya melihat sampai disitu, akan takut untuk menjadi orang sukses tapi lihat juga buah yang akan didapat jika sampai pada puncaknya.

Begitu pula jika sukses maka kita akan mendapatkan banyak sekali kenikmatan yang Tuhan berikan pada kita. Itulah revolusi kesuksesan agar kita tidak takut dengan kesuksesan yang menjadi cita-cita setiap orang.

Anak muda membutuhkan kisah-kisah inspiratif yang membangun. Mereka harus tahu bahwa kesenangan itu didapatkan setelah sesusahan, bukan didapatkan begitu saja tanpa usaha. Seperti pepatah mengatakan ‘Berakit-rakit ke hulu. Berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’. Kita akan mendapatkan kesuksesan tentunya melalui proses terlebih dahulu, tidak ada kesuksesan tanpa adanya proses yang dijalani terlebih dahulu.

Artikel Terkait : Berani Dalam Bertindak

Menunda kesanangan sementara waktu untuk mendapatkan kesenangan yang lebih lama. Tuhan tidak memberikan bumi sungai tanpa adanya batu, Tuhan menjanjikan dalam setiap kesulitan ada kemudahan. Hanya manusia yang tangguh yang akan menjadi manusia pilihan. Manusia yang beriman yang melihat dunia dari sisi keimanannya sehingga ia bisa selalu bangkit dalam setiap keterpurukannya.

Ia bisa berdiri dalam setiap kali jatuh. Ia tidak putus asa dengan apa yang terjadi, ia hanya melakukan sesuatu dengan penuh harapan agar usahanya bisa berhasil. Ia mempunyai semangat yang tak tergoyahkan, terus melangkah, mencoba dan terus mencoba hanya waktulah yang akan menjawab hasilnya.

Mencapai kesuksesan memang tak mudah, banyak hal yang harus disiapkan, antara lain mental, komitmen, modal, strategi, disiplin, fokus dan masih banyak yang lainnya. Banyak orang yang ingin sukses, ingin menjadi kaya, ingin meraih impiannya, tapi bingung memulai dari mana. Kesuksesan sejatinya adalah kebahagiaan untuk kita dan keluarga, tapi tidak lupa juga bisa berbagi dengan orang lain dan memberi manfaat untuk orang lain.

Jadi sukses bukanlah hanya bisa menikmati kenikmatan dunia dengan merasakannya sendiri tapi banyak yang dirugikan dan juga banyak menimbulkan kemudharatan (bahaya) bagi orang lain. Karena jika dengan demikian kebahagian tersebut akan berbalik menjadi sengsara dan tidak tenang karena merasa bersalah atas cara yang dijalankan dengan cara yang tidak benar. Sukses adalah dimana kita bisa menikmati kenikmatan dunia dengan saling berbagi dan bisa memberi manfaat untuk orang lain.  Wikiquote.org

Demikianlah pembahasan tentang apa itu kesuksesan, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi inspirasi kita dalam meraih kesuksesan yang hakiki dan tidak semu he he he.

 

Sumber :

http://en.wikiquote.org/wiki/Success

https://kbbi.web.id/sukses

https://id.techinasia.com/definisi-sukses-selain-uang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 11 + 3 ?
Please leave these two fields as-is: