Aplikasi Android yang Boros Kuota Internet

Aplikasi Boros Kuota Internet

Aplikasi Android yang Boros Kuota Internet

Pada pembahasan kita kali ini tentang aplikasi boros kuota internet. Pada jaman milenilal seperti saat ini, tentunya orang membutuhkan smartphone untuk mengankses beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan. Baik itu aplikasi untuk berita, sosial media ataupun mereka yang suka bermain game.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi terutama pada smartphone, mendorong munculnya banyak aplikasi mobile. Kehadiran dari aplikasi tersebut memang membantu kita untuk mengakses beberapa informasi ataupun bersosial media, tapi juga ada dampak negatifnya yaitu borosnya kuota internet yang tentu akan menguras juga isi dompet kita.

Smartphone juga tanpa adanya aplikasi tentu juga akan terasa sepi, tanpa berita, sosial media dan juga tanpa hiburan bermain game. Walaupun kita membutuhkan aplikasi tersebut hendaknya kita bijak dalam memakai aplikasi-aplikasi tersebut.

Artikel Terkait : Cara Mendownload Video Dengan Website (Tanpa Software)

Tidak semua aplikasi harus kita instal didalam android kita, pilihlah aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan. Selain itu nonaktifkan data seluler jika memang sedang tidak memakai android. Dibawah ini ada beberapa aplikasi yang boros dalam menguras kuota internet.

  1. Facebook

Selain aplikasi sosial media dengan basis terbesar didunia, facebook juga merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Timeline yang terus bermunculan yang dipenuhi postingan-postingan baru dan banyaknya notifikasi yang masuk membuat kuota anda cepat habis.

Bukan hanya status yang terus bermunculan, saat ini facebook mempunyai fitur autoplay pada postingan video akan menguras kuota saat video tersebut berjalan otomatis. Oleh karena itu bukalah aplikasi facebook seperlunya saja, jangan terlalu sering jika anda menginginkan hemat kuota.

Selain menggunakan aplikasi facebook seperlunya saja untuk menghemat kuota internet, anda juga bisa mematikan fitur autoplay dan menggunakan facebook free yang telah disediakan beberapa operator. Jika anda menggunakan facebook free maka foto dan video secara otomatis tidak akan muncul ditimeline.

  1. Twitter

Twit yang ada di twitter memang tidak menguras kuota internet, karena kicauan yang tampil dilinimasa twitter memang pendek sehingga tidak memerlukan kuota yang besar. Tapi ada satu hal yang bisa menguras data internet kita, seperti yang dimiliki oleh facebook yaitu autoplay video. Jika fitur tersebut aktif dan ada kicauan yang disertai dengan video, maka video tersebut akan berjalan otomatis sehingga kuota kita berjalan dengan cepat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi, sebaiknya anda mematikan fitur tersebut. Adapun caranya adalah sentuh icon titik tiga disudut kanan aplikasi, kemudian pilih menu Settings dan selanjutnya pilih tab yang bertuliskan Data.

Anda bisa mengatur fitur autoplay hanya berfungsi jika terhubung dengan WiFi atau matikan saja fitur tersebut. Cara lain untuk berhemat adalah mengatur agar aplikasi tidak menampilkan gambar.

  1. Instagram

Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram merupakan sosial media untuk membagikan foto dan video. Jangankan menonton video, dengan membuka foto saja kuota akan terkuras apalagi menonton video. Kuota akan terus terkuras apalagi jika scrool kebawah terus menerus.

Apalagi sekarang ada fitur Instagram Stories dan Live Stories. Agar anda tidak terlalu boros dengan memakai kuota, anda bisa membuka menu pengaturan. Anda akan menemukan tab bertuliskan Cellular Data Use di bagian bawah. Pilih tab tersebut dan nyalakan fitur Use Less Data. Dengan demikian aplikasi akan otomatis menghemat kuota internet Anda.

Pengaturan tersebut tidak akan mematikan autoplay. Video yang terposting tidak akan diputar secara otomatis dan load foto akan sedikit lebih lama, sehingga akan menghemat kuota internet kita. Selain itu kurangilah membuka feed Instagram Stories dan Live Stories.

  1. Path

Aplikasi ini sama dengan aplikasi facebook dan Instagram yang menyediakan beberapa fitur yang menambah keseruan seperti bisa membuat status, berbagi foto atau video, tag teman, check in lokasi, dan lain-lain.

Dengan fitur-fitur tersebut seperti foto dan video maka kuota kita akan cepat terkuras, apalagi ada yang membagikan foto dengan meme lucu serta video yang lucu dan menarik.

  1. YouTube

Youtube adalah aplikasi khusus pemutar video, fokus sebagai pemutar video tentunya sangat menguras kuota internet. Aplikasi ini dipakai oleh Vlogger untuk membagikan aspirasi dan karya diri mereka. Hal tersebut menambah keseruan bagi mereka yang akan belajar berbagai macam panduan. Seperti yang dilansir dari Payfazz.com membuka 1 video selama 3 – 5 menit saja bisa menghabiskan kuota internet sampai 250 MB, hal tersebut tentunya tergantung dari provider dan paket apa yang digunakan.

Artikel Terkait : Aplikasi Android untuk Nonton Televisi

Untungnya YouTube ini tidak memiliki fitur autoplay seperti Facebook atau Twitter. Jadi boros atau tidaknya kuota tergantung dari kesadaran dari pengguna. Tips hemat untuk menggunakan video adalah dengan memilih resolusi video yang paling rendah. Anda juga bisa menyalakan fitur Play HD on WiFi Only, sehingga resolusi tinggi yang memakan banyak kuota internet itu tak bisa diputar menggunakan koneksi seluler.

Teknik hemat yang lainnya adalah mendownload videonya dengan portal online atau download dengan beberapa pilihan fitur yang ada di youtube sesuai dengan keinginan dan bisa disaksikan secara offline.

  1. Spotify

Aplikasi streaming musik Spotify memang memanjakan telinga para penyuka musik. Betapa tidak aplikasi ini menawarkan keleluasaan untuk mendengarkan musik secara streaming, Spotify memang diciptakan untuk mereka pecinta musik. Tersedia jutaan lagu dan ratusan playlist yang disiapkan untuk menemani para pecinta musik dalam berbagai macam suasana.

Streaming musik yang kita sukai apalagi mendengarkan musik berualng kali tentu akan menguras kuota internet kita. Untuk menghemat kuota kita ada beberapa cara, diantaranya adalah memilih kualitas streaming musik paling rendah atau normal saja.

Cara yang kedua adalah dengan mendownload musik favorit agar bisa didengar secara offline. Tapi disayangkan fitur download akan aktif jika kita telah berlangganan Spotify Premium.

Adapun untuk mengatur kualitas streaming musik adalah masuk menu pengaturan pada Spotify dan pilih tab Streaming Quality. Berikutnya akan tampil pilihan Otomatis, Normal, High, dan Extreme. Cukup atur pada kualitas Normal saja. Hal ini juga berlaku bagi JOOX.

  1. Netflix

Netflix merupakan salah satu portal untuk menonton film. Bagi mereka yang menyukai film mereka bisa berlangganan aplikasi ini dengan leluasa, apalagi tersedia berbagai film yang bisa dinikmati baik itu film lama atau baru.

Namun untuk menonton film ini membutuhkan kuota yang banyak, menurut pengamatan dari Jalantikus.com untuk menonton video HD berdurasi 45 menit saja dibutuhkan kuota sekitar 750MB.  Jumlah yang tidak sedikit tentunya. Bagi anda penggemar film dan ingin memakai aplikasi ini, disarankan untuk memakai sambungan wifi saja dan tidak disarankan memakai kuota internet pribadi. Hal serupa juga berlaku bagi HOOQ.

  1. Snapchat

Snapchat adalah aplikasi berkirim pesan, ada beberapa kelebihan dari aplikasi ini diantaranya adalah fitur berkirim pesan yang akan hangus dalam waktu tertentu dan berkirim pesan secara private.

Selain berkirim pesan memakai teks snapchat juga bisa berkirim pesan memakai foto dan video. Hal inilah yang membuat kuota boros, apalagi bisa melihat berbagai video atau foto yang ditampilkan di story.

  1. Clash Royale

Apapun game online biasanya memakan kuota yang besar, apalagi sering dibuka dan dimainkan. Contohnya game Clash Royale, game stategi terbaru dari Supercell yang launching setahun yag lalu ini, langsung menarik perhatian banyak pengguna smartphone.

Dengan mengusung genre PvP bernuansa Tower Defense, pemain Clash Royale harus melakukan real-time battle secara online. Untuk memainkan game ini diperlukan koneksi yang stabil, jika dimainkan saat  jaringan tidak stabil maka bermain Clash Royale akan kalah.

  1. Google Photos

Jika anda ingin memori smartphone mempunyai ruang kosong yang banyak, kita dapat membackupnya dengan aplikasi Google Photos. Karena Google Photos adalah salah satu aplikasi yang bisa membackup foto dengan mudah dan cepat. Kita bisa membackup semua foto yang ada diandroid dengan mudah dan cepat.

Oleh karena itu jika kita backup foto dalam jumlah banyak dalam smartphone,  maka kuota kita akan terkuras habis. Untuk mengakalinya dengan cara mengatur fitur auto-backup aktif hanya ketika terhubung dengan jaringan WiFi.

  1. Google Play Store

Google Play Store akan banyak menyedot kuota jika mendownload aplikasi baru dan mengupdate aplikasi. Ternyata tidak hanya itu saja Google Play Store dibekali fitur auto-update, jika tidak kita atur maka secara otomatis aplikasi ini terupdate  seandainya ada update terbaru dari pengembang.

Untuk mengantisipasi fitur auto-update tersebut yang menghabiskan kuota kita, aktifkan auto-update hanya saat terhubung dengan jaringan WiFi saja. Kita juga bisa mematikan fitur ini, jadi kita bisa update sesuai dengan kebutuhan kita dikemudian hari saat terhubung dengan Wifi.

Selain dari palikasi diatas ada beberapa aplikasi yang juga menguras kuota internet. Seperti yang dikutip dari Tekno.Liputan6.com Perusahaan software keamanan siber, Avast, merilis ‘Avast Android App Performance & Trend Report’ untuk periode kuartal I (Q1) 2017). Laporan ini berisi beragam data termasuk tentang aplikasi Android yang paling menguras kuota internet.

Ternyata ada aplikasi Start-Up yang menguras kuota internet, maksud dari Start-Up adalah aplikasi yang aktif secara otomatis. Untuk kategori aplikasi start-up peringkat lima besar secara berturut-turut yang paling menguras kuota internet ditempati oleh Facebook, Instagram, Yahoo! Japan, Firefox Browser, dan The Weather Channel.

Artikel Terkait : Perangkat Lunak Komputer, Fungsi, Pembagian dan Jenisnya

Posisi selanjutnya ditempati oleh WhatsApp, Google Chrome, DU Battery Saver, Facebook Lite, dan Google Play Store. Sedangkan untuk kategori yang berdasarkan penggunaannya, ternyata Netflix menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang paling banyak memakan kuota internet.

Posisi 10 besar lainnya ditempati secara berturut-turut oleh Spotify, Snapchat, BBC News, Line, Microsoft Outlook, Clean Master, Samsung WatchON, Amazon for Tablets ,dan PicsArt Photo Studio & Collage.

Itulah beberapa aplikasi yang banyak membuat kuota internet cepat habis, hal tersebut bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan kita dalam penggunaan aplikasi secara bijak. Kita memakai aplikasi tersebut tentunya sesuai dengan kebutuhan, tidak harus sering dibuka. Memakainya pada waktu-waktu tertentu atau pada saat kita memang membutuhkan aplikasi tersebut untuk dibuka. Oleh karena itu bijaklah memakai aplikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Demikianlah pembahasan tentang aplikasi boros kuota internet, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi info penting bagi kita. Agar kita bisa memakai aplikasi-aplikasi tersebut secara bijak dan tidak hanya mengikuti keinginan saja tapi tidak melihat dampak negatifnya.

 

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

111 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 14 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: